tpatamanpintar, Rabu, 19 Juli 2018 kita seharusnya sebagai bunda TPA banyak merenungkan dan menyiapkan tema pembelajaran PAUD. Jika ditanyakan obyek apa saja yang dapat dijadikan tema, maka jawabannya semua obyek dapat dijadikan tema. Artinya apapun dapat dijadikan tema, mulai dari benda, peristiwa, hingga ke negara. Dibawah ini contoh tema-tema yang dapat dipilih.
Dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, tema tidak ditetapkan oleh pemerintah, melainkan bersifat fleksibel penetapannya oleh lembaga PAUD yang melibatkan seluruh guru pada saat pemilihan dan penetapannya.
Banyak hal di lingkungan kehidupan yang dapat dijadikan tema, artinya apa yang terdapat di lingkungan terdekat seperti air, batu, kelapa, alat transportasi, laut, dan lain-lainnya dapat diangkat menjadi tema.
Oleh karenannya pengembangan tema di setiap sekolah PAUD dapat berbeda-beda sesuai dengan lingkungan lembaga tersebut serta kondisi sarana dan prasarananya.
Selanjutnya tema yang telah ditetapkan akan dimasukan ke dalam program semester yang dilengkapi dengan alokasi waktu yang akan digunakan pada setiap tema. Untuk mendukung hal tesebut diperlukan keterampilan guru dalam memilih dan menetapkan tema yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan tema.
Cara Mengidentifikasi Tema Pembelajaran PAUD
Mengidentifikasi tema, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan tema yaitu (1) kedekatan (2) kemenarikan, (3) kesederhanaan, (4) keinsidentalan. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengidentifikasi tema antara lain adalah:
a. Mengamati Lingkungan Sekitar
Guru dalam mengidentifikasi tema dapat melihat lingkungan sekitarnya seperti: sawah, ayam, mobil, matahari, pohon, yang di lihat oleh guru tersebut dapat dijadikan sebagai tema.
b. Melihat Sosial Budaya
Kebudayaan yang terdapat di lingkungan sekitar anak dapat diangkat menjadi tema, sebagai contoh Panjang Mulud di Serang, Karapan Sapi di Madura, Perayaan Tabot di Bengkulu, dll
c. Melihat Minat dan Kesukaan Anak
Dalam mengidentifikasi tema guru juga dapat melihat minat anak sebagai contoh banyak anak yang tertarik dan menyukai kucing, ayam, dan lainnya.
d. Curah Gagasan
Bersama semua guru, hasil mengamatan terhadap lingkungan, sosial budaya dan minat anak diidentifikasi melalui curah gagasan. Setiap guru diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan tema dengan bebas, dan setiap gagasan tema tidak perlu dibahas dan dikomentari, melainkan ditampung sebagai referensi dalam penetapan tema selanjutnya.
Contoh Hal-Hal Yang Dapat Dijadikan Tema Pembelajaran PAUD
Klik Disini untuk melihat gambar lebih besar!
0 komentar :